-->

Sunday 20 March 2016

11+ Model Kebaya Encim Betawi Modern Terbaru 2019 Simple & Modern

Kebayamodern.info - Model kebaya encim Betawi merupakan desain pakaian adat khas Betawi. Pada jaman dahulu, pakaian tersebut hanya bisa dipakai oleh perempuan kelas ekonomi menengah atas. Mahalnya kebaya encim Betawi membuat masyarakat dengan kondisi ekonomi lemah tidak mampu untuk membelinya. Kebaya tersebut juga lebih banyak dipakai oleh warga Tionghoa yang tinggal di daerah Jakarta.


Jika dilihat dari sektor ekonomi pada saat itu, warga Tionghoa termasuk dalam golongan masyarakat kelas atas, jadi wajar bila mereka bisa membeli pakaian tersebut dibandingkan dengan warga asli Betawi. Memakai kebaya tersebut juga dianggap sebagai simbol status sosial. Siapa yang memakai pakaian itu berarti ia adalah orang yang berada.

Ragam Model Kebaya Encim Betawi Modern Terbaru

Model Kebaya Encim Betawi
Model Kebaya Encim Betawi
Model kebaya encim Betawi sampai sekarang masih sering dipakai oleh berbagai kalangan, baik itu warga asli Jakarta maupun pendatang. Kebaya ini biasanya dipakai oleh pihak perempuan sebagai pakaian adat dalam acara pernikahan. Sering kali, ibu dari kedua mempelai pun ada yang turut menggunakannya.
Baju Kebaya Encim Rok Pendek
Baju Kebaya Encim Rok Pendek
Foto Kebaya Encim Terbaru
Foto Kebaya Encim Terbaru
Sebenarnya, tidak hanya untuk acara pernikahan saja, karena kita juga sering melihat kebaya ini dikenakan dalam ajang pemilihan Abang None Jakarta. Pakaian yang dikenakan oleh None Jakarta lah yang disebut sebagai pakaian adat Betawi kebaya encim. Tidak hanya untuk acara resmi, tapi kebaya tersebut juga sekarang bisa digunakan dalam acara non formal dengan berbagai modifikasi yang bisa ditambahkan.
Kebaya Encim Bordir
Kebaya Encim Bordir
Kebaya Encim Putih
Kebaya Encim Putih
Untuk desainnya, model kebaya encim Betawi dari waktu ke waktu memang tidak terlalu berubah. Hanya saja, mungkin ada sedikit penambahan corak pada kebaya tersebut. Jika zaman dahulu kebaya encim lebih banyak menggunakan warna cerah dan polos, maka sekarang modelnya lebih dimodifikasi lagi dengan memberikan beberapa unsur ornamen. Dengan begitu, modelnya nampak lebih glamor tetapi tetap elegan. Untuk bisa membedakan mana itu kebaya asli Betawi dan yang bukan, Anda harus tahu ciri khas kebaya encim Betawi yang terlihat pada bagian ujung bawahnya. Bentuk ujungnya lancip hingga membentuk segitiga.
Kebaya Encim Thamrin City
Kebaya Encim Thamrin City
Kebaya Encim Wanita Berjilbab
Kebaya Encim Wanita Berjilbab
Sekarang sudah banyak sekali model untuk kebaya encim. Yang awalnya hanya bermodelkan kebaya polos, kini telah di desain ulang dengan memunculkan model terbaru seperti misalnya kebaya brokat, kebaya bordir, kebaya kerancang dan renda serta ada juga yang mirip dengan model kebaya kutu baru.
Model Kebaya Encim Lengan Pendek
Model Kebaya Encim Lengan Pendek
Model Kebaya Encim Modern
Model Kebaya Encim Modern
Model Kebaya Encim Terbaru 2016
Model Kebaya Encim Terbaru 2018
Model Kebaya Encim Terbaru
Model Kebaya Encim Terbaru
Sekalipun sudah banyak model terbaru, tetapi pakaian asal Betawi tersebut tetap mempertahankan unsur kesederhanaan. Jadi ketika Anda memakai baju adat tersebut, tentu akan tetap merasa nyaman sekalipun ada banyak ornamen. Bila Anda tertarik untuk membelinya, datang saja ke Jakarta. Tempat penjualan kebaya asal Betawi tersebut berpusat di Tanah Abang. Tetapi ada juga yang berada di mall seperti misal di Thamrin City. Di sana akan ada banyak berbagai pilihan model kebaya encim Betawi yang mungkin sesuai dengan selera Anda.