-->

Tuesday 26 February 2019

Baju Pengantin Adat Jawa Milik Selebritis Yang Elegan Dan Menginspirasi

www.kebayamodern.info - Jauh sebelum hari pernikahan tiba, setidaknya setiap orang sudah memiliki konsep impian. Terlepas impian tersebut akan terwujuda atau tidak, itu tinggal kehendak dari Allah SWT. Menyoal konsep pernikahan, secara garis besar terbagi 3, yakni konsep konsep tradisional, modern, dan campuran antara keduanya. Dari ketiga konsep yang ada, dewasa ini yang paling sering dipilih adalah konsep gabungan modern dan tradisional. Semisal, konsep pernikahan adat Jawa yang diterapkan oleh beberapa selebritistanah air. Lantas, apakah mungkin wanita berhijab mengenakan baju pengantin adat Jawa?

Baju Pengantin Adat Jawa Milik Alysa Soebondo
Baju Pengantin Adat Jawa Milik Selebritis Yang Elegan Dan Menginspirasi
Why not? Di zaman maju seperti sekarang ini, begitu luas ide desainer untuk menjadikan seorang wanita bisa tampil dengan gaya yang diinginkannya tanpa harus memamerkan aurat. Lihat saja bagaimana Oki Setiana Dewi, Adhitya Putri, Alyssa Soebandono, dan sederet nama selebritis lainnya yang manglingin dengan baju pengantin adat Jawa di hari pernikahan mereka. 

Baju Pengantin Adat Jawa Milik Selebritis

Oki Setiana Dewi 

Baju Pengantin Adat Jawa Milik Oki Setiana dewi
Baju Pengantin Adat Jawa Milik Oki Setiana Dewi


Nama Oki mulai dikenal seantero Indonesia berkat aktingnya dalam film religi Ketika Cinta Bertasbih. Sejak itu, ia juga tercantum dalam ingatan semua orang sebagai salah satu icon wanita muslimah. Gaya berpakaiannya sungguh memperhatikan nilai-nilai syar’i. Begitu pula ketika Oki menggelar respsi pernikahan. 

Oki yang memilih konsep Jawa modern kala itu mengenakan gaun bermodel kebaya solo.Kain beledu warna hitam yang dipadukan dengan aksen gold pada bagian depans membuat kebaya pengantin Oki tampak mewah. Desai kutubaru masih dipertahankan, hanya saja bagian leher hingga dada Oki tetap tidak dibiarkan terbuka. Sedangkan pada bagian bawah, Oki mengenakan kain dodot yang panjangnya menyapu lantai. 

Aksesoris tambahan khas Jawa tentu saja tak ketinggalan. Kalung sungsun yang menjuntai hingga ke dada, ronce melati, hingga cunduk mentul tetap digunakan Oki sebagaimana mestinya. 

Aditya Putri 

Baju Pengantin Adat Jawa Milik Aditya Putri
Baju Pengantin Adat Jawa Milik Aditya Putri


Tak kalah dari Oki Setiana Dewi, bintang sinetron dan FTV Adithya Putri juga manglingin dengan baju pengantin adat Jawanya. Tubuhnya yang tinggi semampai tampak anggun dibalut gaun bermodel kebaya solo panjang. Aksen benang emas yang berukir cantik di bagian depan baju memperlihatkan sisi kemewahan dari kebaya yang dikenakannya. Untuk mensiasati agar bagian dada Adhitya Putri tidak terlihat, ia menutupinya dengan manset turtle next yang senada dengan warna kulit. Meski tak menggunakan riasan paes, namun ronce melati, gelang binggel kana, serta cunduk mentul tetap tak ketinggalan. 

Alyssa Soebandono

Baju Pengantin Adat Jawa Milik Alyssa Soebandono
Baju Pengantin Adat Jawa Milik Alyssa Soebandono


Wanita berparas ayu ini tampil memukau dengan kebaya Jawa berwarna putih pada hari pernikahannya. Alyssa sengaja memilih kebaya yang dipadukan dengan lilitan kain jarik. Model kebaya berkerah tinggi dirasa paling pas untuk Alyssa supaya aurat lehernya tidak kelihatan.  Dan, yang paling unik,  meski berhijab namun penata rias berhasil membuat Alyssa seolah-olah mengenakan sanggul asli lengkap dengan paes. Padahal, seluruh rambut Alyssa telah terlindungi oleh hijab.

Dhatu Rembulan

Baju Pengantin Adat Jawa Milik Dhuta Rembulan


Baju pengantin adat Jawa bernuansa Islami juga dikenakan oleh Dhatu Rembulan. Bahkan 80% Dhatu berhasil menghidupkan aura ke-jawa-an yang sangat kental. Ia sengaja mempertahankan orisinalitas baju pengantin Jawa yang dikenakannya sehingga tampak seperti sebagaimana umumnya. Hanya saja, ia menggunakan pelapis berupa manset terlebih dahulu agar aurat dada serta leher tetap tidak kelihatan. Selain itu, riasan serta aksesoris yang terpasang pada tubuh Dhatu membuat ia bak seorang ratu di kerajaan-kerajaan Jawa. 

Keempat selebritis di atas telah memberikan bukti pada khalayak bahwa hijab bukanlah halangan untuk tampil cantik dengan baju pengantin adat Jawa. Tinggal bagaimana kita dan desainer mensiasati bagian mana yang boleh diperlihatkan dengan yang tidak. Semoga menginspirasi. 

Mohon untuk berkomentar dengan baik, untuk komentar spam akan kami hapus.
EmoticonEmoticon