-->

Saturday 23 February 2019

Plus Minus Antara Membeli Dengan Menyewa Gaun Pengantin Muslimah

www.kebayamodern.info - Menjelang hari pernikahan, calon pengantin pasti sibuk mempersiapkan segala sesuatunya. Salah satunya soal pakaian pengantin model apa yang akan dikenakan pada hari H nanti. Tentu saja semuanya ingin terlihat perfect dari kepala sampai ujung kaki. Apalagi untuk calon mempelai wanita. Karena pengantin wanitalah yang biasanya paling banyak mendapat perhatian. Alhasil tak sedikit yang rela mengeluarkan dana besar hanya untuk kebutuhan gaun pengantin saja. Tetapi  tak selamanya juga gaun pengantin harus dibeli. Toh, zaman sekarang cukup banyak tempat-tempat penyewaan gaun pengantin. Hanya saja pastilah terdapat plus minus antara membeli dengan menyewa gaun pengantin. Supaya lebih jelas, berikut uraiannya.

Plus Minus Antara Membeli Dengan Menyewa Gaun Pengantin Muslimah
Plus Minus Antara Membeli Dengan Menyewa Gaun Pengantin Muslimah

Plus Minus Antara Membeli Dengan Menyewa Gaun Pengantin Muslimah

Sisi Plus Menyewa Gaun Pengantin Muslimah

  • Lebih ekonomis karena budget yang dibutuhkan untuk biaya sewa gaun pengantin jauh lebih murah dibandingkan dengan membeli. Dengan demikian dana yang tersedia bisa dialokasikan untuk kebutuhan lainnya lagi. Ini sangat menguntungkan bagi calon pengantin yang budgetnya pas-pasan. Harga sewa gaun pengantin sendiri bermacam-macam. Dari yang ratusan ribu/hari hingga jutaan/hari pun ada.  Perbedaan harga sudah pasti disesuaikan dengan kondisi gaun. Semakin unik dan menarik modelnya, jelas semakin mahal harga sewanya. Bisa juga dipengaruhi oleh faktor siapa perancangnya. Cukup banyak gaun-gaun pengantin muslimah yang tampak sderhana namun harga sewanya selangit karena gaun tersebut merupaksan karya desainer ternama. 
  • Menghemat waktu. Selain menghemat biaya, menyewa gaun pengantin juga dapat menghemat waktu. Gaun bisa disewa beberapa sebelum hari H, bahkan dengan perlengkapan pendukung lainnya seperti hijab, aksesoris, dan sepatu. 
  • Menghemat tenaga. Selama tidak ada noda yang disebabkan oleh si penyewa, tak ada keharusan penyewa untuk mencuci gaun yang disewa. Begitu selesai digunakan bisa langsung dikembalikan. 

Sisi Minus Menyewa Gaun Pengantin Muslimah 

  • Ketersediaan model dan ukuran tidak selalu ada. Ini akan menyulitkan para wanita dengan bentuk tubuh kurang ideal (terlalu gemuk, terlalu kurus, terlalu pendek, atau terlalu tinggi). 
  • Tidak punya nilai ekslusif karena bisa jadi gaun tersebut sudah disewa puluhan orang lainnya. 

Sisi Plus Membeli/Menjahit Gaun Pengantin Muslimah 

  • Bebas menentukan model dan warna gaun sesuai yang diinginkan. Sehinggga saat dikenakan gaun tersebut cocok dengan bentuk tubuh, warna kulit, serta karakter si pemakai. 
  • Punya nilai ekslusif. Gaun yang dibuat berdasarkan kehendak pribadi tentu punya nilai eksklusif karena tampilannya tidak mungkin persis 100% dengan gaun pengantin lain. Bukan hanya bangga memilikinya, tapi bisa disimpan sebagai kenang-kenangan juga. 

Sisi Minus Membeli/Menjahit Gaun Pengantin Muslimah 

  • Harus punya budget besar. Namanya gaun pengantin, pastilah biaya pembuatannya terbilang mahal. Apalagi untuk gaun syar’i. Sebab, kain yang dibutuhkan jauh lebih banyak daripada gaun biasa. Belum lagi tambahan aksesoris lainnya seperti kristal atau payet untuk mempermanis tampilan gaun. 
  • Boros waktu. Banyak waktu yang tersita untuk pengerjaan gaun pengantin. Meski melibatkan tenaga penjahit dan desainer sekalipun, pemesan harus menyiapkan waktu khusus untuk ikut memilih bahan dan fitting baju yang bisa lebih dari 1x. 
  • Membutuhkan biaya perawatan. Gaun pengantin membutuhkan perlakuan khusus, baik dalam tahap pencucian, pengeringan, hingga penyimpanan. Biasanya dikerjakan oleh laundry khusus yang paham menangani berbagai jenis pakaian mahal. 

Itulah sisi plus dan minus antara membeli dan menyewa gaun pengantin muslimah. Apapun pilihannya, pastikan bahwa budget dan waktu yang dimiliki cukup. Hindari memaksakan diri karena dikhawatirkan hasil akhirnya tidak sebagaimana yang diharapkan.

Mohon untuk berkomentar dengan baik, untuk komentar spam akan kami hapus.
EmoticonEmoticon