-->

Wednesday 16 January 2019

Ingin Jadi Designer Fashion? Kenali 5 Profesi Pendukung Designer

Hidup adalah segalanya bagi setiap mahluk hidup. Begitu dengan manusia. Manusia memiliki kehidupan yang sangat kompleks, selain hidup dengan oksigen, kini manusia hidup dengan pakaian. Tanpa pakaian, harkat dan martabat manusia akan jatuh. Itu sebabnya, era modern saat ini lahirlah istilah designer

Seperti yang sudah diketahui bersama tugas dan peranan seorang designer terhadap peradaban manusia. Mereka mampu lahirkan kehidupan yang monoton menjadi lebih modis dan trendi. Berbicara tentang fashion, selain desainer ada juga penjahit baju dan beberapa profesi lain. Berikut profesi yang bekerja di balik layar. 

5 Profesi Pendukung Designer

Model designer Vera
Model designer Vera

1. Trend Analyst 

Model Trend Analyst
Model Trend Analyst

Selain designer, ada profesi yang selalu membantu kerja seorang desainer, mereka adalah trend analyst. Tugasnya spesialis melakukan survei. Jangan salah, meskipun bekerja di dunia fashion, tetap ada survei yang fokus menyoroti harga dan gaya yang sedang trend oleh konsumen. Mereka pun juga sering disebut dengan product researcher. 

2. Fashion Forecaster 

Model Fashion Forecaster
Model Fashion Forecaster

Pekerjaan spesialis seorang fashion forecaster adalah menganalisis dan mampu memprediksi tren yang akan datang. Tidak tanggung-tanggung, yang dianalisis tidak hanya tentang gaya, tetapi juga menganalisis sampai ke bahan, pola, warna dan aksesoris. Wajar jika harga satu baju hingga jutaan. 
Metode pemasaran para fashon forecaster tidak langsung diproduksi dan dipasarkan secara besar-besaran, tetapi mereka hanya memasang dulu di butik-butik. Baru setelah tampak animo dan potensi, baru akan diluncurkan dan diproduksi sesuai permintaan yang banyak. 

3. Color And Material Specialist 

Model Color And Material Specialst
Model Color And Material Specialist

Seorang designer baju juga dibantu oleh color and material specialist. Peranannya khusus memadupadankan komposisi warna. Jadi ada tim yang khusus memadukan komposisi warna agar baju tampak lebih hidup, modis dan fashionable. Jadi, jangan salah jika satu produk baju yang fashionable itu ternyata ada tim khusus perancang warnanya loh. 

4. Lead Pattern Maker 

Model Lead Pattern Maker
Model Pattern Maker

Pernah mendengar lead pattern maker? Seorang designer sangat akrab dan dekat dengan profesi ini. Karena lead pattern maker yang membantu untuk menentukan ukuran dan bentuk pakaian yang diinginkan oleh seorang designer. Tugas seorang lead pattern maker sampai ke proses pembuatan pola dan proses produksinya loh. 

5. Product Merchandiser 

Model Product Merchandiser
Model Product Merchandiser

Ada proses perencanaa, proses pengerjaan sampai dengan proses penyelesaikan. Setelah baju selesai diproduksi, baju tersebut dipasarkan. Nah product merchandiser inilah yang bertugas memasarkan produk yang sudah jadi ke pasaran. Terkait bagaimana pemasaran, tentunya mereka memiliki cara dan strategi yang tersendiri. 

Satu hal yang perlu diketahui oleh product merchandiser, ternyata butik yang menjual itu juga termasuk product merchandiser karena mereka juga sebagai penjual. Ada juga yang model jasa marketing yang khusus membuka jasa penjualan atau bersedia mendistributorkan. Meskipun sebagai product merchandiser keuntungan dari hasil penjualan juga menguntunkan loh. Jangan anggap remeh profesi ini. 

Itulah lima profesi yang bekerja di balik layar bersama designer. Siapa yang menyangka jika satu produk baju yang fashionable dikerjakan dalam sebuah tim. Selama ini banyak yang mengira jika itu asli murni dikerjakan oleh seorang designer dan penjahit. 

Jika selama ini beranggapan bahwa seorang designer bekerja dan menyelesaikan sendiri tidak benar. Dari ulasan di atas, ternyata banyak peluang pekerjaan yang bisa Anda coba. Barangkali setelah membaca ulasan ini, Anda ingin ganti profesi, tidak menjadi seorang designer, melainkan menjadi salah satu dari profesi di atas. Semoga ulasan ini bermanfaat.

Mohon untuk berkomentar dengan baik, untuk komentar spam akan kami hapus.
EmoticonEmoticon